Jumat, 08 Oktober 2010

KOMPONEN MUATAN LOKAL



Di MA Futuhiyyah 1 Mranggen Pengembangan muatan lokal di Madrasah Aliyah Futuhiyyah 1 didasarkan pada Kebijakan Gubernur Jawa Tengah, kebijakan Kandepag Kabupaten Demak dan hasil rapat internal Komite Madrasah Aliyah Futuhiyyah 1 Atas dasar  beberapa aturan tersebut muatan lokal yang dikembangkan oleh Madrasah Aliyah Futuhiyyah 1 terdiri atas mata pelajaran sebagai berikut :.....

1.    NAHWU
Tujuan :
Agar para peserta didik berkembang dalam hal kemampuan membaca, menyusun struktur kalimat dan memahami isi kandungannya secara baik dan benar.

Ruang lingkup ilmu Nahwu meliputi :
a.    Bentuk kata
b.    Struktur kalimat
c.     Penulisan melalui kegiatan  insya’
d.    Memahami kemampuan menyusun kalimat

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar :
Mata Pelajaran : Nahwu
Kelas : X Semester : 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Menguasai ibarat-ibarat dalam susunan kalam secara detail
-      Memahami kalam dan bagian-bagiannya
-      Memahami  Isim Nakiroh dan isim Ma’rifat, yaitu :
اسم ضمير, إسم إشارة, إسم علم, إسم موصول, إسم يع كماسوكان ال, إسم يع مضاف دعان ساله ساتو مجام دي اتاس
-      Memahami Mubtada’ dan Khobar serta macam-macamnya
-      Memahami Awamil An-Nawasikh dan Pembagiannya, yaitu :
عوامل نواسخ صغره : كان واخواتها
                             إن واخواتها
عوامل نواسخ كبرى : ظن واخواتها

Kelas : X Semester : 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Menguasai secara detail tentang Fail, Naibul Fail, dan Keterangan yang berhubungan dengannya.
-      Memahami Fail dan macam-macam serta dapat mencontohkannya secara rinci
-      Memahami Naibul Fail, dan mampu mengubah susunan (فعل, فاعل, مفعول به) menjadi susunan  (فعل+نائب الفاعل)
-      Memahami istighol dan mengetahui hukum Ism Sabiq serta alasannya.
-      Membagi Fiil menjadi dua bagian, yaitu :
فعل متعدى
فعل لازم
-      Memahami masdar, mencontohkannya
-      Memahami hal (حال), Mustasna bil illa (الا)

Kelas : XI Semester : 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mengenal bab-bab dalam ilmu bahwu seperti :
-         Tamyiz
-         Huruf jar
-         Hal
-         Idofah
-         Masdar
-         Isim Musyabbahah
Dan cabang lainnya yang tersedia dalam materi pokok
-      Memahami secara jelas terminologi dalam ilmu nahwu dan menerapkannya dalam kitab-kitab klasik maupun kitab kontemporer.
-      Siswa mampu membedakan dan mengklasifikasikan istilah-istilah dalam ilmu nahwu yang punya keserupaan bentuk nakiroh, seperti masdar dan tamyiz
-      Mampu dan merusaha mengingat dari berbagai definisi istilah-istilah yang sudah lewat.

Kelas : XI Semester : 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Mengetahui istilah-istilah dalam ilmu nahwu seperti :
-         Taajub
-         Lafad Ni’ma dan Bi’sa
-         Af’al Tafdhil
-         Naat
-         Taukhid
-         Athof
-         Badal dalam munada
Beserta cabang-cabang lainnya yang tertulis dalam materi pokok.
-      Mampu memahami dan mendefinisikan istilah-istilah yang tersebut dalam ilmu hanwu, beserta penerapannya.
-      Mampu mengklasifikasikan bab-bab atau istilah dalam ilmu nahwu dan mendefinisikannya sehingga mudah untuk dihafal.
-      Mampu membedakan antara macam macam dari istilah ilmu nahwuseperti membedakan Taukhid dan atof bayan yang mempunyai keserupaan.

Kelas : XII Semester : 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Menguasai struktur kalimat (Tarkib Al-Kalimat) dengan benar dan baik sesuai dengan bab yang tersedia dalam meteri, peserta didik  memiliki skill untuk memahami kitab-kitab berbahasa Arab. (Kitab Kuning)
Peserta didik mampu membaca, memahami, sekaligus penulisan Struktur kalimat yang sesuai dengan pokok Bahasan (BAB)

Kelas : XII Semester : 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Dengan menguasai cara penyusunan Tarkib Al-Kalimat secara baik dan benar, peserta didik memiliki skill untuk memahami kitab-kitab kuning
Peserta didik mampu dalam :
-      Membaca
-      Menulis (imla’)
-      Memahami semua kitab-kitab yang berbahasa arab

2.    BALAGHOH
Tujuan :
Program pembelajaran Ilmu Balaghoh sebagai ilmu sastra bahasa arab, secara umum bertujuan, peserta didik mempunyai kemampuan sebagai berikut :
1.    Memahami dan memanfaatkan sastra ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa arab dengan bena, baik dan tepat.
2.    Mampu menyusun kalam dan berbahasa arab dengan :
2.1.        Fasih ( فسيح ) artinya dalam menyusun kalam arab tersebut sesuai dengan qoidah-qoidah ilmu shorof dan ilmu nahwu.
2.2.        Baligh ( بليغ ) artinya dalam menyampaikan kalam bahasa arab tersebut benar-benar tepat guna dan tepat sasaran dalam ilmu bahaghoh disebut (مقتضى الحال)
3.    Mampu berbahasa arab dengan :
3.1.        Berbahasa yang berfariasi, artinya dalam menyampaikan kehendak atau tujuan kepada orang lain bisa menggunakan bentuk kalam tasybih, majaz dan kinayah.
3.2.        Dengan bentuk kalam yang indah seperti syair, puisi, saja’ dan lain sebagainya.
Ruang lingkup :
Ruang lingkup mapel ilmu balaghoh sebagai sastra bahasa arab terdiri atas aspek kesastraan yang mencangkup tiga pokok bahasan yaitu : 1. Ilmu Maani, 2. ilmu Bayan, 3. Ilmu Badi’ ketiga-tiganya tersebutharus dilandasi terlebih  dahulu dengan ilmu shorof yang mengetahui asal-usul kosa kata (kalimah) dan ilmu nahwu tentang susunan suatu kalam, dengan mengenal, memahami, menghayati, dan menerapkan ilmu tersebut, siswa didik mampu berbahasa arab dengan fasih, baligh, berfariasi dan indah serta tepat pada sasaran (مقتضى الحال)


Mata Pelajaran : Balaghoh
Kelas : X Semester : 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Membaca dan memahami ilmu Balaghoh : tentang Fashohah dan Balaghoh
1.1.      Mengerti a) kalimah fasihah b) kalam fasih c. mutakalim fasih
1.2.      Mengerti a) kalam baligh b) mutakalim baligh
1.3.      Mampu berbahasa arab dengan fashih dan baligh
2. Mengenal dan memahami pengertian ilmu ma’any beserta bab-babnya yaitu : 1) Isnad 2) musnat ilaih
2.1.  Mengerti / mendefinisikan dan kegunaan ilmu maani
2.2.  Mengerti isnad khobari dan cara penggunaanya
2.3.  Menempatkan mumat ilaih sesuai dengan kegunaannya.

Kelas : X Semester : 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
3. Memahami pengertian-pengertian
Musnat, Mutaalliqotul fi’ly, Qashor, Insya, Fashol washol, ijaz izhnab dan musawah dengan cara-cara penempatan  penggunaan dan faedahnya.
3.1.  Menempatkan musnat Desnat dengan faidahnya
3.2.  Menerapkan mutaalliqatul fi’ly sesuai dengan fungsinya
3.3.  Membuat kalam yang ringkas (qosor) sesuai dengan tujuan
3.4.  Menerapkan kalam yang harus difashol atau fashol
3.5.  berbicara dengan bentuk kalam yang perlu ijaz atau ithnab atau musawal

Kelas : XI Semester : 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
4. Mengenal dan memahami pengertian ilmu Bayan beserta bab-babnya yaitu 1. Tasybih

4.1.  Mendevinisikan ilmu bayan dan pembagiannya.
4.2.  Mengerti arti kalam Tasybih, Rukun-rukunnya dan macam-macamnya
4.3.  Mampu membuat kalam yang berbentuk tasybih, sesuai dengan tujuan dan faedahnya, sehingga kalam dapat berfareasi bentuknya.

Kelas : XI Semester : 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
5.       Mengenal dan memahami pengertian majaz dan pembagiannya, kalam kinayah dengan mengetahui  faedahnya.
5.1.  Mengerti tentang pengertian majaz dan faedahnya
5.2.  Pembagian majaz faedahnya
5.3.  Membedakan kalam haqiqah, majaz dan kinayah
5.4.  Mampu berbahasa dengan baik yang berbentuk majaz dan kinayah

Mata Pelajaran : Balaghoh
Kelas : XII Semester : 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
6.       Mengenal dan memahami tentang Shinu Bady dan pembagiannya
6.1.  Menyebutkan pembagian ilmu badi’
6.2.  Pembagian ilmu badi’
6.3.  Macam-macam badi’ ma’ani



Mata Pelajaran : Balaghoh
Kelas : XII Semester : 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
7.       Mengenal dan memahami Badi’ lafdhy serta jenis macam-macamnya, seperti Jinas, Saja’, Sariqoh dan lain sebagainya.
7.1.  Mengerti dan membuat contoh badi’ lafdhy dengan macam-macam bentuknya. Seperti badi’ Jinas tam, Saja’. Muwazanah, sariqoh dan sebagainya.
7.2.  Mampu membuat kalam bahasa Arab yang indah dan baligh.



3.    USUL FIQIH
Tujuan dari Pelajaran Usuh Fiqih adalah Menerapkan kaidah-kaidah Usul Fiqih dan pembahasan pembahasan pokoknya kepada dalil-dalil syara’ untuk mengetahui Hukum Islam.
Ketenangan mengamalkan hukum yang digali para ulama’ Mujtahidun, ketaatan melaksanakan hukum Islam, disiplin dan tanggung jawab sosial yang tinggi dalam kehidupan pribadi dan sosial.
Ruang lingkup Ushul fiqih adalah sebagai berikut :
-         أحكام شرعية
-         أدلة شرعية
-         قواعد أصولية
-         اجتهاد


Mata Pelajaran : Usul Fiqih
Kelas : X Semester : 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memiliki pemahaman dan penghayatan  yang lebih mendalam terhadap ajaran Islam tentang sumber hukum Islam, dasar hukum Islam, kaidah hukum Islam, serta mampu mempedomaninya dalam kehidupan sehari-hari.
-      Menjelaskan sumber-sumber hukum Islam, yang pokok.
-      Menjelaskan pengertian Ushul Fiqih
-      Membedakan Ushul Fiqih dan Fiqih

Kelas : X Semester : 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memiliki pemahaman dan penghayatan  yang lebih mendalam terhadap ajaran Islam tentang sumber hukum Islam, dasar hukum Islam, kaidah hukum Islam, serta mampu mempedomaninya dalam kehidupan sehari-hari.
-      Menjelaskan pengertian Hukum menurut Ushul Fiqih
-      Membedakan macam-macam hukum Islam
-      Menjelaskan macam-macam hukum (تكليفى  ) dan hukum (وضعى )

Kelas : XI Semester : 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memiliki pemahaman dan penghayatan  yang lebih mendalam terhadap ajaran Islam tentang sumber hukum Islam, dasar hukum Islam, kaidah hukum Islam, serta mampu mempedomaninya dalam kehidupan sehari-hari.
-      Menjelaskan  ( حاكم محكوم عليه ) dan (محكوم فيه   )
-      Menjelaskan Sumber Hukum Al-Qur’an
-      Menjelaskan Sumber Hukum Hadits



Mata Pelajaran : Usul Fiqih
Kelas : XI Semester : 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memiliki pemahaman dan penghayatan  yang lebih mendalam terhadap ajaran Islam tentang sumber hukum Islam, dasar hukum Islam, kaidah hukum Islam, serta mampu mempedomaninya dalam kehidupan sehari-hari.
-      Menjelaskan Sumber Hukum Ijma’
-      Menjelaskan Sumber Hukum Qiyas
-      Menjelaskan Rukun Qiyas dan syaratnya
-      Menjelaskan macam-macam Qiyas

Kelas : XII Semester : 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memiliki pemahaman dan penghayatan  yang lebih mendalam terhadap ajaran Islam tentang sumber hukum Islam, dasar hukum Islam, kaidah hukum Islam, serta mampu mempedomaninya dalam kehidupan sehari-hari.
-      Menjelaskan
استحسان
مصلحة مرسلة وعرف وسد الذريعة
والاستصحاب وقول الصحابي
وشرع من قبل النبى
-      Menjelaskan Qoidah-qoidah :
أصول الفقه
أمر & نهى
مفهوم منطوق  ظاهر تأويل


Mata Pelajaran : Usul Fiqih
Kelas : XII Semester : 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memiliki pemahaman dan penghayatan  yang lebih mendalam terhadap ajaran Islam tentang sumber hukum Islam, dasar hukum Islam, kaidah hukum Islam, serta mampu mempedomaninya dalam kehidupan sehari-hari.
-      Menjelaskan
قاعدة   مرادف ومشترك ومطلق ومقيد  عام وخاص  ونسخ
-      Menjelaskan اجتهاد  dalam hukum Islam
-      Menjelaskan
اتباع, تلفيق و تقليد




4.    FAROID
Tujuan Materi pelajaran ini untuk memberikan bekal kepada peserta didik agar dapat:
1.    Mengetahui dan memahami tentang hukum kewarisan secara komprehensif dan menyeluruh.
2.    Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan-ketentuan ilmu waris dalam kehidupan sehari-hari dan membantu masyarakat dalam memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan pembagian warisan.

Ruang lingkup bahan pelajaran ilmu faroid di Madrasah Aliyah yaitu :
a.    Mengetahui harta tirkah
b.    Pembagian warisan menurut islam dan adat jahiliyah
c.     Pembagian warisan ahli waris yang berhak
d.    Mencari bagian yang akan diperoleh ahli waris
e.    Cara-cara membagikan harta warisan para ahli waris

Standar Kompetensi dan Kompetensi dasar
Mata Pelajaran : Faroid
Kelas : X Semester : 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memiliki pemahaman tentang dasar-dasar ilmu faroid yang meliputi pengertian dan hal-hal yang berkaitan dengan warisan
-      Menentukan harta tirkah
-      Memahami pengertian, hukum dan manfaat ilmu faroid
-      Mengetahui dalil-dalil dalam ilmu faroid
-      Mengetahui pembagian warisan menurut adat jahiliyah
-      Mengetahui cara-cara pembagian warisan menurut awal Islam

Kelas : X Semester : 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memiliki pemahaman yang lebih komprehensif tentang hal-hal yang berkaitan sebab dan rukun warisan dan menetapkan ahli waris.
-      Mengetahui sebab-sebab warisan
-      Mengetahui rukun dan syarat warisan
-      Mengetahui perkara yang menghalangi warisan
-      Mengetahui orang-orang yang berhak menjadi ahli waris

Kelas : XI Semester : 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memiliki Pemahaman dan mempraktekkan bagian yang akan diperoleh para ahli waris dalam bentuk contoh-contoh
-      Mencari bagiannya ayah
-      Mencari bagiannya kakek
-      Mencari bagiannya anak laki-laki
-      Mencari bagiannya anak perempuan
-      Mencari bagiannya cucu laki-laki
-      Mencari bagiannya cucu perempuan
-      Mencari bagiannya Ibu
-      Mencari bagiannya suami
-      Mencari bagiannya istri
-      Mencari bagiannya nenek

Kelas : XI Semester : 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memiliki Pemahaman dan mempraktekkan bagian yang akan diperoleh para ahli waris dalam bentuk contoh-contoh
-      Mencari bagiannya Saudara sekandung
-      Mencari bagiannya Saudata seayah
-      Mencari bagiannya Saudara seibu
-      Mencari bagiannya anak laki-laki saudara sekandung
-      Mencari bagiannya anak laki-laki saudara seayah
-      Mencari bagiannya paman
-      Mencari bagiannya anak laki-laki paman
-      Mencari bagiannya orang yang memerdekakan budak

Kelas : XII Semester : 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memahami tentang tata cara pembagian harta warisan kepada para ahli waris
-      Menjelaskan mahjub
-      Menjelaskan Ashobah
-      Menjelaskan cara-cara ashul masalah
-      Mengetahui cara-cara pembagian harta tirkah
-      Menjelaskan aul
-      Menjelaskan rad

Kelas : XII Semester : 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memahami tentang contoh fariasi kasus yang akan dijumpai dalam warisan.
-      Menjelaskan masalah inkisar
-      Menjalskan masalah musyarokah
-      Menjelaskan warisan kakek dengan saudara
-      Menjelaskan masalah akdariyah
-      Menjelaskan masalah munasakhot
-      Menjelaskan dawil arkham
-      Menjelaskan warisan waria




5.    ASWAJA
Tujuan Mata Pelajaran aswaja adalah Paling tinggi keimanan kepada Allah SWT, dengan pendidikan Aqidah Ahlaq, Tajwid, Fiqih, Al-Qur’an Hadits, dll dengan benar-benar sempurna, pada gilirannya akan menjadi pemimpin harapan bangsa. Pada kiprahnya disetiap saat dimana negeri siap untuk menyampaikan perintah-perintah Allah SWT, Yakni Amar Makruf Nahi Munkar secermat-cermatnya, secara sosial agar masyarakat menjadi bagus sholeh, tunduk kepada Allah akhirnya Khusnul Khitam. Amin Ya robbal alamin.
Ruang lingkup :
1.    Para Pelajar Mubtadiin harus mengetahui masuknya agama Islam di Indonesia Tokoh-tokoh yang berjasa, kegiatan ekonomi masyarakat, seni budaya, politik pemerintahan.
2.    Harus mengerti istinbath, ijtiham dan hal-hal yang berkaitan dengan ijtihad, madzhab dan perkembangan pemikir Islam, taqlid, Ittiba’, tarjih, dan Talfiq.
3.    Para pelajar mubtadiin mengerti tokoh-tokoh dalam islam sebab-sebab timbulnya firqoh-firqoh dan pengaruhnya, mata rantai pewarisan ajaran islam, sahabat, dan tabi’in DTS

Mata Pelajaran : Aswaja
Kelas : X Semester : 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memahami benar-benar aswaja dari perama sampai akhir dengan cermat dan dikerjakan secara ikhlas karena Allah SWT, bukan yang lainnya, akan selamat dunia dan akhirat. Amin.
Menghayati kandungan Aswaja dengan konsekuen, teliti, cermat dari ilmu tauhid, Fiqih, Tajwid dan lain-lain, akan bahagia raya. Secara pribadi, sosial rekan-rekan, seksama akan menjadi manfaat, berkah masyarakat sekitarnya, negara dan bangsa umumnya.

Kelas : X Semester : 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memahami dan meyakini benar-benar secara ilmiah dari pertama sampai akhir disertai ilmu hadits, nahwu dan lain-lain akan sempurna benar-benar
Menunjukkan, mengamalkan dengan teliti dari pertama tengah akhir dengan cermat secara seksama, pasti akan berkah untuk masyarakat sosial, bangsa, dan negara dunia.
  
Kelas : XI Semester : 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memahami istinbat, ijtihad, serta hal-hal yang berkaitan dengan ijtihad, madzhab, perkembangan pemikir isla, taqlid, ittiba’, tarjih, talfiq, dll
Mentelaah, mengamalkan benar-benar istinbat, ijtihad, madzhab, dengan pengalaman sempurna (Nirwana) itulah tujuan Aswaja. Allahumma Amin yarobbal alamin



Mata Pelajaran : Aswaja
Kelas : XI Semester : 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memahami, meyakini seyakin-yakinnya Aswaja akan selamat dunia akhirat sehingga kekal abadi.
Meyakini Aswaja seratus persen, mengamalkannya, pasti Allah tidak segan-segan membalas apa yang kita kerjakan maka perlu menganalisis sampai mendalam benar-benar asar ringan pekerjaannya

Kelas : XII Semester : 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memahami firqoh-firqoh dalam Islam, apa sebab-sebab timbulnya firqoh dan pengaruhnya, hakikat bermadzhab, mata rantai pewarisan ajaran islam.
Mengetahui banyaknya firqoh-firqoh satu persatu dengan jelas, siap-siap untuk melanjutkan. Antara lain firqoh khowarij, firqoh syiah, gulat, zeidiyyah, sekaligus tokoh-tokohnya dan pelajaran aqidah sampai tuntas.

Kelas : XII Semester : 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memahami, sistem bermadzhab empat, Al-Qur’an Hadits, Cara Islamnya terbaik, sahabat-sahabat, tabiin dan para ulama’, mujtahidin, mujtahid mutlaq mustaqil.
Mempelajari, menghafalkan mata rantai pewarisan ajaran Islam, Wahyu Rosulullah, Al-Qur’an, Hadits, Sahabat, Tabiin, Tabiin-tabiin, mujtahidin, mujtahid mustaqil, madzhab mujtahid muntasib, ashabul fatwa, Asyhabut Tarjih, Fiqih dll.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar